WILAYAH MINANGKABAU

Jumat, 19 Agustus 2011



Klikminang.com-Sumatera Barat merupakan salah satu propinsi yang terletak di Pulau Sumatera. Daerah Sumatera Barat yang kita kenal sekarang, tidak sama dengan daerah yang dulu. Wilayah Minangkabau tidak hanya seluas wilayah Propinsi Sumatera Barat seperti yang ada avang, tetapi juga ditambah sebagian daerah pada propinsi-propinsi tetangga, yaitu sebagian Propinsi Riau, sebagian Propinsi Jambi, dan sebagian Propinsi Bengkulu. Hal ini sesuai tambo Minangkabau:
” Nan salilik Gunuang Marapi, saedaran Gunuang Pasaman, 
sajajran Sago jo Singgalang, saputaran Talang jo Kurinci.
Dari sirangkak nan badangkang, hinggo buayo putiah daguak,
sampai ka pinto rajo hilie, hinggo durian ditakuak rajo.
Sapisai-pisau hanyuik, sialang balantak basi,
hinggo aia babaliak mudiak, sampai ka ombak nan badabua.
Sailiran batang sikilang, hinggo lawuik nan sadidieh,
ka timua ranah Aia Bangih, Rao jo Mapat Tunggua, Gunuang Mahalintang.
Pasisie Rantau Sapuluah, hinggo Taratak Aia Itam,
sampai ka Tanjuang Simalidu, pucuak Jambi Sambilan Lurah.”
Sesuai dengan tambo tersebut, batas-batas wilayah Minangkabau dapat dinyatakan sesuai arah mata angin. Batas-batas daerah Minangkabau itu adalah:
Batas wilayah daratan
Sebelah utara dibatasi oleh Rao Mapat Tunggul. 
Sebelah timur dibatasi oleh Tanjung Simalidu.
Sebelah tenggara dibatasi oleh Muko-Muko.
Sebelah barat laut dibatasi oleh Gunung Mahalintang. 
Batas dengan lautan 
Sebelah barat dan barat daya dibatasi oleh Samudera Hindia.
Sebelah utara, timur, dan timur laut dibatasi oleh SelatMalaka. 
Selain itu, Negeri Sembilan di Malaysia juga dulunya merupakan bagian dari wilayah Minangkabau. Hal ini berasal dari para pedagang Minangkabau yang berlayar hingga ke negeri seberang, dan mendirikan Negara di sana. Hal ini menandakan bahwa begitu luas dan tersebarnya wilayah Minangkabau zaman dahulu. Jadi, dapat disimpulkan wilayah Minangkabau yang sebenarnya lebih besar dari wilayah administratif Sumatera Barat sekarang.
Pembagian Wilayah Minangkabau
Wilayah Minangkabau terbagi atas 3 daerah:
•  Daerah darek (luhak)
Daerah ini adalah sebutan untuk daerah asli Minangkabau. Meliputi 3 daerah yang disebut juga dengan Luhak nan Tigo, yakni Luhak Tanah Datar, Luhak Agam, dan Luhak Lima Puluh Kota. Yang dikatakan Luhak Tanah Datar adalah daerah Kabupaten Tanah datar sekarang, sebagian Sawahlunto Sijunjuang, dan Solok. Yang disebut Luhak Agam terdiri atas Ampek-Ampek Angkek, Lawang nan Tigo Balai, dan Nagari sakaliliang Danau Maninjau. Sedangkan Luhak Lima Puluh Kota adalah daerah yang terletak di sepanjang Batang Sinamar, daerah sekitar gunung Sago bagian utara dan barat, seiliran Batang Lampasi dan Batang Agam, bahkan sampai ke Sipisak pisau Anyuik (Pekanbaru sekarang).
•  Daerah rantau
Daerah ini merupakan tempat merantau bagi orang-orang dahulu. Dari Luhak Nan Tigo mereka pergi ke daerah lain dan membuat negeri baru di sana. Di situ mereka tetap memakai adat seperti adat daerah yang mereka tinggalkan. Hubungan mereka tidak putus dengan negeri asal mereka di Luhak Nan Tigo. Umumnya, daerah ini berada di sepanjang aliran sungai dan bermuara ke timur, ke selat Malaka, bahkan termasuk Rantau nan Sembilan (Negeri Sembilan, di Malaysia sekarang). Daerah rantau Minangkabau dikenal juga dengan sebutan Rantau Nan Tujuah Jurai, yaitu Rantau Kampar, Kuantan, XII Koto, Cati Nan Batigo, Negeri Sembilan, Tiku Pariaman, dan Pasaman. Daerah Tiku Pariaman dan Pasaman dikenal juga sebagai daerah pasisie.
•  Daerah pasisie
Daerah ini meliputi daerah sepanjang pantai sebelah barat pulau Sumatera yang memanjang dari barat laut ke tenggara. Dalam tambo disebutkan bahwa daerah pasisia yaitu: daerah nan nagari-nagarinya talatak, sabalah matohari ka tabanam, nan mamanjang dari utara ke selatan. Jadi, daerah ini mulai dari perbatasan daerah Minangkabau dengan daerah Bengkulu sekarang, yaitu Muko-Muko, sampai ke perbatasan Minangkabau dengan daerah Tapanuli bagian selatan.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Klik Minang.Com © 2011 |Alamat Jl. Kampus Unand No.17 Kepalo Koto, Pauh Padang, Sumbar| Designed by RDJ